Motif Unik Kain Batik Modern dari Berbagai Daerah

Posted on

Baju batik adalah baju khas Indonesia. Baju batik sudah dikenal oleh pasar internasional, bahkan beberapa orang luar sering membeli buah tangan berupa baju batik dari Indonesia. Selain menjadi identitas bangsa, UNESCO sendiri telah menetapkan bahwa batik adalah salah satu warisan bangsa yang wajib untuk dilestarikan. Hari batik sendiri jatuh pada 2 Oktober dimana bertujuan untuk melestarikan baju batik. Berbagai macam produk batik diproduksi dari berbagai daerah dengan keunikan masing-masing. Sekarang baju batik tidak hanya bisa dipakai di acara formal. Kamu juga bisa menggunakannya di acara semiformal. Berbagai kain batik modern bisa kamu kreasikan sesuai dengan selera dan juga model kekinian.

Batik bisa digunakan untuk semua umur, mulai dari anak kecil sampai orang tua. Berbagai model yang dijual di pasaran juga menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang semakin beragam. Namun kamu juga bisa membuatnya sendiri sesuai dengan keinginan. Untuk mengetahui berbagai kreasi baju batik, kamu bisa lihat di https://review.bukalapak.com/fashion/inspirasi-baju-batik-8241.

Nah, untuk mengetahui macam motif baju batik, berikut ulasannya :

1. Batik Cirebon

batik cirebon
Model dan motif batik yang berasal dari Cirebon ini juga sudah dikenal oleh pangsa pasar Indonesia. Batik Cirebon terdiri dari dua kategori motif yaitu motif pesisiran dan motif Keraton. Disebut motif Keraton karena diambil dari ornamen yang terdapat dari keraton dan juga warna khas keraton. Batik Cirebon yang sudah dikenal luas adalah motif awan mega mendung. Motif ini sudah banyak memasukkan budaya Cina di dalam berbagai kreasinya. Untuk mendapatkannya secara langsung kamu bisa membelinya di kota Cirebon ataupun membelinya secara online.

2. Batik Aceh

batik aceh
Ciri khas dari batik Aceh ini adalah menampilkan warna yang cerah. Ia juga mempunyai keunikan lainnya yaitu motif yang dimodifikasi dengan unsur alam dan juga budaya masyarakat Aceh. Jika tertarik untuk menggunakannya kamu bisa melihat terlebih dahulu berbagai motif dan desain yang ditawarkan.

3. Batik Bojonegoro

batik bojonegoro
Daerah selanjutnya yang membuat berbagai motif batik adalah Bojonegoro. Dengan berbagai kekayan alam dan budaya, motif kain batik modern ini juga memiliki motif yang beragam. Batik Bojonegoro yang terkenal dengan nama batik Joegoroan ini memiliki 9 jenis batik diantaranya adalah mliwis mukti, parang jembul sekar rinandar, motif jagung miji emas gastro rinonce, dan juga lainnya.

4. Batik Banyuwangi

batik banyuwangi
Sebagian besar batik memang mempunyai arti dan keunikan masing-mesing, begitu pun dengan batik Banyuwangi yang motif batiknya didasari dari estetika dan juga jati diri masyarakat banyuwangi. Ciri khas seperti ini membuat batik Banyuwangi mempunyai nila estetika yang tinggi.

5. Batik Bali

batik bali
Sama seperti batik lain pada umumnya, motif batik bali juga diambil dari gambaran umum dari daerah Bali. Motif batik Bali ini sudah menambahkan kesan modern dengan penambahan lambang naga sehingga kamu akan mudah membandingkan batik tradisional dan kain batik modern.

6. Batik Cianjur

batik cianjur
Motif batik Cianjur lumayan banyak diminati oleh pasar. Motif batik Cianjur yang lumayan dikenal adalah motif beras dan ayam. Keunikan lain dari berbagai motif dari batik Cianjur ini adalah menampilkan warna yang cerah dan juga natural. Macam motif batik Cianjur adalah motif beasan, maenpo, mamaos, dan hayam pulang.

Selain dari batik diatas, berbagai macam motif batik juga sudah dikenalkan oleh anak muda seperti motif pembuluh darah dan hal yang berhubungandengan dunia kedokteran dengan tujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai dunia kedokteran sendiri.

Nah, jadi tak hanya mengenai batik daerah, kamu juga bisa mengkreasikan batik modern sesuai dengan kebutuhan dan juga seleramu.

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.