Nuzulul Quran : Keutamaan Membaca Al-Quran

Posted on

Ramadhan disebut bulan Al-Quran, karena ada Nuzulul Quran didalamnya. Dengan keagungan Nuzulul Quran dan keutamaan membaca Al-Quran, selayaknya menjadi pendorong untuk meningkatkan gairah membaca, mendalami makna dan mengamalkan Al-Quran.

nuzulul quran

Nuzulul Quran : Keutamaan Membaca Al-Quran

Al-Quran adalah pedoman hidup umat manusia, walaupun yang mengambil manfaat hanyalah orang-orang yang bertakwa (QS. Al-Baqarah : 2). Begitu banyak keutamaan membaca Al-Quran, beberapa diantaranya adalah :

1.  Membaca Al-Quran adalah perdagangan yang tidak pernah merugi

Firman Allah SWT :

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Dari manakah sisi tidak meruginya perdagangan dengan membaca Al-Quran?

  • Satu hurufnya diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.” (HR. Tirmidzi)

Hadits ini sangat menunjukan dengan jelas, bahwa muslim siapapun yang membaca Al-Quran baik paham atau tidak paham, maka dia akan mendapatkan ganjaran pahala sebagaimana yang dijanjikan.

  • Kebaikan akan menghapuskan kesalahan

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Hud: 114)

  • Setiap kali bertambah kuantitas bacaan, bertambah pula ganjaran pahala dari Allah
Baca juga :  Ibadah Utama Di Bulan Ramadhan

“Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad)

  • Bacaan Al-Quran akan bertambah agung dan mulia jika terjadi di dalam shalat.

“Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Maukah salah seorang dari kalian jika dia kembali ke rumahnya mendapati di dalamnya 3 onta yang hamil, gemuk serta besar?” Kami (para shahabat) menjawab: “Iya”, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Salah seorang dari kalian membaca tiga ayat di dalam shalat lebih baik baginya daripada mendapatkan tiga onta yang hamil, gemuk dan besar.” (HR. Muslim).

2.  Membaca Al-Quran akan mendatangkan kebaikan

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

3.  Membaca Al-Quran akan mendatangkan syafa’at

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al-Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Ternyata generasi yang diridhai Allah itu, adalah mereka orang-orang yang giat dan semangat membaca Al-Quran bahkan mereka mempunyai jadwal tersendiri untuk membaca Al-Quran.

“Abu Musa Al Asy’ary radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya aku benar-benar mengetahui suara kelompok orang-orang keturunan Asy’ary dengan bacaan Al-Quran, jika mereka memasuki waktu malam dan aku mengenal rumah-rumah mereka dari suara-suara mereka membaca Al-Quran pada waktu malam, meskipun sebenarnya aku belum melihat rumah-rumah mereka ketika mereka berdiam (disana) pada siang hari…” (HR. Muslim).

Baca juga :  Shalat Hikmah Isra Mi’raj Teragung

Mari kita bandingkan dengan diri kita apakah yang kita pegang ketika malam hari, sebagian ada yang memegang remote televisi menonton program-program yang terkadang bukan hanya tidak bermanfaat tetapi mengandung dosa dan maksiat, apalagi di bulan Ramadhan ini. Saat ngabuburit, menunggu waktu berbuka puasa, tak sedikit yang mengisinya dengan hal-hal yang kurang bermanfaat.

4.  Salah satu ibadah paling agung adalah membaca Al-Quran

“Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata: “Allah telah menjamin bagi siapa yang mengikuti Al-Quran, tidak akan sesat di dunia dan tidak akan merugi di akhirat”, kemudian beliau membaca ayat:
“Lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka”. (QS. Thaha: 123) (Atsar shahih diriwayatkan di dalam kitab Mushannaf Ibnu Abi Syaibah).

Dengan keagungan Nuzulul Quran, sudahkah kita membaca Al-Quran hari ini?

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.