Pengalaman Saya Apply Pinjaman Uang Online Pakai Kredivo

Posted on

pinjaman uang online

Kebutuhan mendesak emang bisa dateng kapan aja tanpa diduga-duga. Kalo punya tabungan, masalah bisa selesai. Yang jadi masalah adalah kalo pas ada kebutuhan mendesak, pas tabungan lagi kosong karena udah kepake sebelumnya. Nah, kondisi ini yang saya alamin kira-kira beberapa minggu yang lalu. Mau nggak mau, solusinya adalah cari pinjaman uang.

Berhubung waktu itu butuh pinjaman uangnya di tanggal tua, mau pinjem ke temen atau saudara, khawatir ngerepotin. Makanya, saya cukup bersyukur hidup di era digital kayak sekarang, di mana inovasi keuangan dan urusan pinjam-meminjam uang sudah bisa online lewat fintech. Tinggal daftar dan upload beberapa dokumen, pinjaman bisa langsung cair dalam waktu cepat.

Untuk urusan fintech, saya lebih pilih Kredivo. Selain karena sudah jadi salah satu fintech legal yang terdaftar di OJK, menurut saya, kredibilitas Kredivo jauh lebih baik dibanding fintech lainnya. Kalo buka situs resmi Kredivo, semua informasi seputar Kredivo ada di situsnya. Mulai dari info perusahaan, regulasi pinjaman, cara daftar, daftar merchant yang udah jadi mitra, sampai nomor kontak CS yang bisa dihubungin.

Yang menarik, limit kredit atau pinjaman dari Kredivo maksimal bisa sampe Rp 30 juta dan suku bunganya paling rendah dibanding fintech lain, cuma 2,95% per bulan. Beberapa kali, saya juga sempet liat iklan Kredivo di Youtube dan di KRL. Jadi, buat saya, poin-poin ini udah cukup nunjukin kalo Kredivo lumayan kredibel dan cukup aman buat dipake.

Sebelum bisa apply pinjaman uang di Kredivo, saya mesti daftar akun dulu. Daftar akunnya lewat aplikasi Kredivo. Aplikasinya bisa didownload di Google Play Store atau App Store. Sebagai lembaga keuangan, Kredivo punya syarat khusus buat calon pengguna yang mau daftar: wajib berumur minimal 18 tahun, sudah berpenghasilan tetap per bulan minimal Rp 3 juta, dan tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Karena butuh pinjaman uang dalam waktu cepat, saya pilih daftar akun Premium Express pas apply Kredivo. Nggak perlu upload dokumen yang ribet-ribet, cuma upload foto selfie, foto KTP, isi form data diri, sambungin akun internet banking buat bukti gaji/penghasilan, dan sambungin 1 akun e-commerce yang ada histori transaksinya buat verifikasi alamat/domisili. Selesai daftar, dalam waktu kurang lebih dua jam, pendaftaran saya udah diapproved dan dapet limit kredit dari Kredivo.

Limit dari Kredivo ini sebenernya bisa digunain buat beberapa hal: belanja cicilan aneka barang di merchant online mitra Kredivo, pinjaman tunai, dan beli tiket pesawat, pulsa, paket data, sampai token PLN langsung di aplikasi Kredivo. Sesuai kebutuhan, saya langsung masuk ke menu “Layanan” di aplikasi Kredivo dan pilih fitur pinjaman jumbo karena saya butuh dana sekitar Rp 3 jutaan. Nah, pinjaman jumbo ini minimal pengajuan pinjaman uangnya harus sejuta. Sementara untuk pilihan tenor angsurannya ada dua, ada yang 3 bulan dan ada yang 6 bulan, dengan suku bunga 2,95% per bulan. Saya pilih yang tenor 3 bulan karena nggak mau ngangsur kelamaan. Untuk biaya administrasinya juga ada sekitar 6% dari jumlah pinjaman yang saya ajuin.

Cara ngajuin pinjamannya juga gampang, tinggal klik fitur pinjamannya sesuai kebutuhan (pinjaman mini atau jumbo), terus isi form yang ada di aplikasi, isi jumlah pinjaman yang dibutuhin, tujuan pinjaman, dan daftarin nomor rekening pribadi. Masukin password dan verifikasi OTP, pengajuan pinjaman selesai. Kredivo bakal ngereview pinjaman yang kita ajuin. Kebetulan, pinjaman saya langsung disetujui sama Kredivo dalam waktu beberapa jam aja. Setelah itu, nggak pake lama, dana pinjamannya langsung cair ke rekening bank yang saya daftarin. Oh iya, tipsnya kalo kamu tertarik juga pinjam uang di Kredivo, nomor rekening yang didaftarin wajib atas nama pribadi yang sesuai sama profil Kredivo ya. Kalau enggak, kemungkinan besar pengajuan pinjaman bakal ditolak Kredivo.

So far, saya belum ngalamin kendala selama pake Kredivo. Semua prosesnya lancar & aplikasinya cukup smooth. Yang paling saya suka dari aplikasinya, ini bisa jadi jurnal keuangan pribadi. Semua transaksi yang kita lakuin pake Kredivo bakal kecatat rapi di aplikasi plus tanggal jatuh tempo cicilan dan jumlah yang harus kita bayar. Beberapa hari sebelum jatuh tempo, bakal ada notifikasi yang ngingetin untuk ngelakuin pembayaran. Jangan sampe telat bayar, karena ada denda keterlambatannya 3%.

Kalo cicilan pinjaman yang lagi berjalan sekarang udah lunas, saya sendiri bakal cobain pake Kredivo buat nyicil barang. Dari skala 1 sampai 10, saya kasih rekomendasi di angka 9 buat kamu yang tertarik pake Kredivo!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.