Pengertian Premi Asuransi

Posted on

premi asuransi

Ada banyak hal yang harus Anda ketahui sebelum memilih sebuah asuransi, karena pada dasarnya seringkali orang membeli asuransi tanpa mengerti dengan jelas apa saja manfaat serta bentuk perlindungan yang akan mereka dapatkan dari produk asuransi yang mereka beli. Hal seperti ini bisa membuat timbulnya salah penafsiran yang pada akhirnya akan berakhir pada sejumlah kerugian yang timbul pada nasabah tersebut.

Kita semua tentu akan setuju, jika dikatakan bahwa asuransi memiliki sejumlah istilah yang terkadang sedikit sulit dipahami. Hal ini sering membuat para calon nasabah yang akan menggunakan layanan asuransi tersebut menjadi malas dan memilih untuk tidak membaca keseluruhan ketentuan yang tertera pada polis asuransi mereka.

Padahal, membaca dan memahami isi polis asuransi adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh calon pengguna asuransi, agar kelak tidak merasa kecewa atau dirugikan akibat adanya kesalahpahaman mengenai hak dan kewajibannya sebagai seorang tertanggung. Jika hal seperti ini diabaikan sejak awal, maka tertanggung bisa saja tidak mendapatkan manfaat maksimal atas penggunaan asuransi yang dibelinya. Hal ini sangat merugikan, bukan?

Baca juga :  Sound Bar: Speaker Ramping Nan Berkelas

Dari sejumlah istilah yang banyak digunakan dalam asuransi, premi merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk diketahui. Hal ini akan sangat mempengaruhi manfaat asuransi yang akan Anda dapatkan dari produk asuransi yang Anda beli.

Premi merupakan sejumlah uang yang dibayarkan oleh (nasabah) tertanggung kepada pihak perusahaan asuransi (penanggung) sebagai bentuk imbalan jasa atas pengalihan resiko serta kerugian yang sewaktu-waktu mungkin akan diderita oleh tertanggung.

Jumlah premi yang akan dibayarkan oleh tertanggung kepada pihak penanggung akan disesuaikan dengan cara mempertimbangkan keadaan/kondisi serta beberapa hal lainnya yang terdapat pada tertanggung. Hal ini akan bervariasi, tergantung pada ketentuan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan asuransi selaku penanggung.

Beberapa faktor yang akan mempengaruhi besaran premi yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi, antara lain:

  • Jenis barang yang diasuransikan
  • Jenis alat pengangkut barang yang digunakan untuk mengangkut barang diasuransikan (alat transportasi)
  • Kondisi barang yang diasuransikan
  • Cara penyimpanan dan pengaturan barang dalam proses pengangkutan

Dengan melihat beberapa faktor di atas, maka jelas sekali bahwa setiap nasabah yang menggunakan sebuah produk asuransi yang sama, bisa saja memiliki kewajiban membayar sejumlah premi yang berbeda, di mana perusahaan asuransi akan mengambil berbagai pertimbangan dalam menentukan besaran premi yang mereka terapkan di dalam produk tersebut.

Baca juga :  Membeli Alat Listrik Secara Online

Untuk cara bayar premi asuransi kesehatan generali cukup terjangkau dan dapat dipilih sesuai kemampuan anda. Generali adalah salah satu perusahaan asuransi di Jakarta yang memiliki track record baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.