Pentingnya Asupan Gizi di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Posted on

1000 hari pertama kehidupan

Perlu disadari oleh para ibu yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil untuk memastikan asupan gizi bagi bayi yang akan dikandung nantinya. Mengapa? Karena menurut para medis bahwa 1000 hari pertama kehidupan berperan aktif dalam pengembangan otak sel tubuh lainnya. Dan itu dimulai sejak embrio terbentuk atau sekitar 2 bulan masa kehamilan. Itu sebabnya, para ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan memakan makanan bergizi dan bernutrisi seimbang agar perkembangan janin dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Apa yang terjadi jika ternyata asupan gizi tidak terpenuhi dengan baik? Salah satunya adalah terjadi stunting atau tubuh pendek. Kemudian, perkembangan otak yang tidak maksimal akan membuat anak sulit untuk berkonsentrasi penuh saat belajar. Yang pada akhirnya membuat pertumbuhannya tidak maksimal.

Sebenarnya, asupan gizi untuk 1000 hari pertama kehidupan bukan berkaitan dengan makanan mahal seperti ikan salmon dan lainnya. Akan tetapi sumber makanan yang biasa dikonsumsi sehari hari merupakan sumber gizi yang tak kalah hebatnya. Ikan kembung, sayur bayam hingga kacang kacangan adalah sebagian sumber makanan yang mengandung protein dan gizi tinggi.

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan agar bisa memenuhi gizi di usia yang sangat penting ini? Yang pertama bagi ibu hamil dan menyusui adalah makan makanan lebih banyak dari biasanya. Dalam artian tidak harus banyak dalam arti jumlah akan tetapi nilai gizinya yang ditambahkan. Hindarkan makan makanan cepat saji yang banyak mengandung pengawet, bahan makanan yang diolah dengan proses kurang bersih serta tidak mengkonsumsi makanan mentah.

Selanjutnya, guna memenuhi 1000 hari pertama kehidupan adalah memberikan ASI eksklusif kepada anak sesuai kebutuhan. Tidak semua bayi memiliki kebutuhan yang sama sehingga sang ibu harus tahu kapan memberi secara maksimal.

Dan tak lupa, memberikan makanan pendamping atau MPASI dimulai sejak usia 6 bulan. Adapun jenis makanan yang dipilih adalah segar, bahan lokal serta mengandung gizi tinggi. Daging merah, ikan, sayur, buah serta susu adalah makanan wajib yang harus dikonsumsi oleh anak setiap harinya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.