Penyebab Gusi Berdarah yang Paling Sering

Posted on

penyebab gusi berdarah

Seringkah anda pergi ke klinik kecantikan? Apa yang anda lakukan di klinik kecantikan? Banyak orang yang juga melakukan hal yang sama dengan anda, yaitu lebih sering memperhatikan penampilan luar untuk membuat daya tarik tetap terjaga. Padahal jika kesehatan sudah terganggu, akankah daya tarik tetap terjaga? Untuk itu mulai sekarang cobalah untuk memperhatikan kesehatan anda, termasuk kesehatan gusi anda. Memang hal yang sering dianggap remeh, tapi bahaya gusi berdarah sangatlah menakutkan. Jika gusi sudah berdarah, anda akan malas untuk makan. Agar anda terhindar dari gusi berdarah, perhatikanlah penyebab gusi berdarah yang paling sering anda lakukan di bawah ini.

1. Terlalu Terburu-buru Mengunyah Makanan

Hentikan sekarang juga kebiasaan mengunyah makanan dengan terburu-buru. Jika anda masih melakukannya, maka kasihan gusi anda jika selalu berdarah. Alasan mengapa anda harus mengunyah makanan secara perlahan karena ketika anda mengunyah terburu-buru, anda akan tidak sengaja membuat makanan jadi secara kasar diproses ketika menggigit yang dapat menyebabkan gusi berdarah. Oleh karena itu, cobalah mengunyah makanan secara perlahan.

2. Jarang Menyikat Gigi

Bukan hanya untuk anak-anak saja untuk teratur menggosok gigi, anda yang sudah dewasa pun wajib menggosok gigi secara teratur jika tak ingin terjadi masalah. Masalah yang akan timbul jika anda jarang menggosok gigi adalah kesehatan gusi. Kesehatan gusi akan terganggu karena plak gigi yang menyelip di gigi kemudian menimbulkan bakteri yang membahayakan elemen di gusi. Anda tak mau kan hal tersebut terjadi? Maka, mulai sekarang rajinlah menggosok gigi.

3. Berubahnya Hormon

Penyebab gusi berdarah berikut ini biasanya dialami oleh para wanita. Berubahnya hormon ketika sedang haid, hamil, dapat mempengaruhi kesehatan gusi. Oleh karenanya anda harus menjaga lebih kesehatan gusi anda ketika sedang haid atau hamil. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti yang mengandung vitamin C. Kemudian anda perhatikan juga apa yang anda konsumsi. Jangan mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan kesehatan gusi terganggu.

4. Sikat Gigi

Kenapa anda harus mengganti sikat gigi anda secara berkala? Salah satu alasannya adalah karena sikat gigi yang terlalu lama digunakan, bisa menyebabkan gus igampang berdarah. Kenapa begitu? Karena menggunakan sikat gigi lama yang telah berantakan bulu sikatnya akan membuat gesekan ketika menyikat. Gesekan tersebut bisa membuat gusi berdarah. Menggunakan sikat gigi terlalu lama juga bisa menyebabkan bakteri menjamur di sikat. Tentunya hal tersebut akan membahayakan gigi dan gusi anda. Kemudian carilah bulu sikat yang lembut agar gusi anda tak gampang berdarah.

5. Gigi yang Berantakan

Ternyata behel bukan hanya untuk gaya atau trend semata. Namun mempunyai fungsi yang sangat bagus untuk merapihkan gigi. Kenapa anda harus merapihkan gigi? Karena jika anda merapihkan gigi, maka akan membantu gusi anda terhindar dari peradangan. Dimana peradangan gusi terjadi karena seringnya gusi yang berdarah. Maka, jika anda mempunyai gigi yang berantakan, anda bisa segera ke dokter gigi untuk merapihkan gigi anda dengan behel. Jangan sekali-kali anda sembarangan memasang behel di sembarangan tempat. Walaupun behel-behel di tempat seperti itu lebih murah, namun fungsinya tidak ada. Malahan, bisa sangat berbahaya untuk anda. Banyak contoh yang membuktikan, seperti menjadikan gusi malah tambah bengkak dengan memakai behel sembarangan. Selain itu juga bisa menyebabkan infeksi pada gusi yang akan sangat berbahaya.

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.