Penyebab Internet Lemot Saat Digunakan

Posted on

penyebab internet lemot

Selama pandemi virus corona, sebagian pekerja diharuskan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah dengan memanfaatkan jaringan internet. Namun bagaimana jika internet tiba-tiba jadi lemot alias tak cepat lagi?

Beberapa faktor mungkin akan mempengaruhi kecepatan internet sehingga mengganggu WFH. Simak penyebab yang bisa membuat jaringan koneksi internet menjadi lemot.

Cuaca yang buruk

Untuk di Indonesia sendiri, cuaca yang paling mempengaruhi koneksi internet umumnya ketika musim penghujan. Saat hujan deras, entah bagaimana ceritanya koneksi tersebut mendadak berubah jadi tak lancar ataupun melambat. Diperkirakan sinyal-sinyal internet yang ada di udara terhalang oleh titik-titik hujan.

Jaringan yang terlalu sibuk

Prime time bisa jadi salah satu masalah. Banyaknya orang yang menggunakan koneksi internet di saat bersamaan menjadikan jaringan terbagi-bagi sehingga mau tak mau menjadi lambat.

Konsepnya sama seperti pengguna WiFi yang terlalu banyak atau ada yang melakukan unduh dengan memakan banyak bandwidth. Kalau sudah seperti ini, satu-satunya solusi adalah menunggu hingga penggunanya berkurang.

Layanan provider yang belum sampai ke area tersebut

Baca juga :  Pengguna Media Sosial Adalah Wartawan

Jika kamu menggunakan ponselmu saat masuk pedalaman, biasanya koneksi internetmu akan melambat. Itu karena koneksinya terhalang oleh pepohonan, tapi ada satu lagi yang jadi masalah, yaitu area provider-mu belum sampai ke sana. Terlalu jauhnya dari menara sinyal dapat membuat internetmu lambat bukan main.

Sedang ada perbaikan atau maintenance

Tidak ada yang lebih parah ketimbang ini. Perbaikan ataupun maintenance jelas akan mempengaruhi kecepatan koneksi dan tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu sampai benar. Jika sudah seperti, cobalah bergantung pada WiFi.

Sistem operasi yang bermasalah

Koneksi internet lambat tidak selalu menjadi masalah provider. Ada kalanya itu datang dari smartphone-mu sendiri, yaitu dari sistem operasi. Cara untuk mengatasi ini hanyalah dengan melakukan menyalakan ulang ponselmu tersebut dan berharap masalah itu selesai.

Itu dia hal-hal yang bisa menyebabkan jaringan koneksi internet menjadi lemot. Untuk menghindari hal-hal tersebut sangat disarankan dalam penggunaan internet fiber yang minim akan gangguan jaringan. Dan sudah dipastikan jika anda menggunakan jaringan internet IndiHome bukan hanya jaringannya yang stabil akan tetapi kecepatan IndiHome juga sudah terbukti sebagai provider layanan wifi terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.