Permainan untuk Anak Cerdas yang Patut Dicoba

Posted on

permainan untuk anak cerdas

Mengajak si kecil bermain menjadi salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh orang tua. Namun, belajar juga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan oleh si kecil. Untuk itu, tugas Anda adalah menggabungkan kedua hal tersebut. Sehingga Anda perlu mengajak anak belajar sambil bermain untuk mengembangkan kemampuan anak Anda. Berikut ini ada beberapa permainan yang bakal mengembangkan kemampuan anak Anda sehingga menjadi anak cerdas.

Permainan yang Membentuk Anak Cerdas

Lego

Salah satu mainan yang bisa meningkatkan kreativitas dan kecerdasan anak Anda adalah Lego. Lego merupakan permainan bongkar pasang yang merangsang kemampuan dan kreativitas anak. Permainan ini juga dianggap oleh banyak ahli dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah.

Dengan melatih anak Anda menghadapi problem solving sejak dini, akan sangat bermanfaat sekali dalam meningkatkan kecerdasan otak anak Anda.

Puzzle

Permainan menyusun potongan gambar ini menjadi permainan yang cukup populer untuk anak berbagai usia. Anda dapat memilihkan kategori puzzle yang tidak terlalu sulit, misalnya yang memiliki varian di bawah 10 keping. Seiring berkembangnya kemampuan, Anda dapat pilihkan puzzle yang tingkat kesulitannya semakin tinggi. Permainan ini sangat cocok untuk membuat anak cerdas.

Permainan puzzle dapat menstimulasi otak anak karena membuatnya merasa tertantang untuk menyelesaikan potongan puzzle menjadi suatu kesatuan gambar. Selain itu, bermain puzzle berguna untuk melatih kemampuan kognitif, penyelesaian masalah, dan perkembangan motorik anak. Bermain puzzle juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri anak ketika anak berhasil menyelesaikan gambar.

Buku Untuk Bayi

Buku akan selalu dipercaya bisa menstimulasi kecerdasan bayi. Buku yang disediakan khusus untuk bayi atau balita biasanya memiliki halaman dengan berbagai tekstur. Bahan yang digunakan aman jika dimasukan ke mulut, serta memiliki gambar yang sederhana tapi penuh warna. Anda bisa membuat rutinitas membacakan buku untuk si bayi agar kecerdasannya semakin terstimulasi.

Beberapa permainan di atas dapat Anda terapkan saat mengajak anak Anda bermain agar tingkat kecerdasannya bisa terus meningkat. Butuh ketelatenan agar anak Anda bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak cerdas seperti yang Anda harapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.