Ramai Peminat, Harga Apartemen di Bandung Semakin Tinggi

Posted on
harga apartemen di bandung
(Photo: iStock)

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini banyak sekali apartemen-apartemen dibangun di kota-kota besar di Indonesia.

Hal tersebut jelas disebabkan oleh kurangnya lahan kosong di perkotaan yang dapat dijadikan sebagai lahan membangun rumah tapak.

Sehingga, hunian vertikal semacam apartemen ini tumbuh subur dan menjadi primadona baru bagi masyarakat metropolitan untuk dijadikan tempat tinggal.

Bukan hanya diperuntukan sebagai hunian, apartemen juga dianggap dapat memperlihatkan status sosial seseorang.

Bagaimana tidak, harga beli dan sewa apartemen di kota-kota besar yang sangat mahal membuat hunian ini lekat dengan kesan eksklusif.

Tidak hanya itu, melesatnya tren apartemen di kota-kota besar juga dipengaruhi oleh angka Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat.

Belum lagi banyak pengembang yang melakukan gimmick-gimmick pemasaran seperti “hari Senin harga naik” beserta janji-janji investasi yang menggiurkan membuat calon pembeli bergegas untuk membeli unit apartemen tersebut, meski sebenarnya kebutuhan ia akan apartemen tidak terlalu mendesak.

Tips mencari apartemen

Tips mencari apartemen
(Photo: iStock)

Agar terhindar dari gimmick-gimmick pemasaran, serta iklan bujuk rayu para pengembang, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah unit apartemen.

1. Lokasi yang strategis
Apakah Anda pernah mendengar ungkapan, “posisi menentukan prestasi?” Nah, mungkin ungkapan tersebut cocok untuk menggambarkan tips pertama dari saya ini.

Lokasi yang strategis dari sebuah apartemen menjadi pertimbangan yang paling utama bagi Anda dalam mencari apartemen.

Pilihlah apartemen yang jaraknya paling dekat dengan kantor Anda, sekolah anak, atau tempat-tempat publik lainnya.

Apabila tidak ada apartemen yang berdekatan dengan lokasi kantor atau tempat-tempat lainnya yang Anda biasa tuju, maka pilihlah apartemen yang memiliki akses paling dekat dengan transportasi massal seperti stasiun, terminal, dan sebagainya.

Kenapa lokasi begitu penting untuk diperhitungkan, karena hanya apartemen dengan posisi yang strategislah yang memiliki nilai investasi yang menjanjikan.

2. Fasilitas yang tersedia
Cermati juga berbagai fasilitas yang akan Anda dapatkan dari pengembang apartemen.

Fasilitas seperti keamanan, fitness center, lahan parkir, laundry, sampai dengan minimarket biasanya tersedia di beberapa apartemen.

Pastikan segala fasilitas yang Anda butuhkan ada di apartemen tersebut agar memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Cari tahu track record pengembang
Jangan remehkan tips yang satu ini ya! Karena banyak sekali kasus-kasus penipuan terhadap pembeli apartemen yang disebabkan oleh kurang kredibelnya suatu pengembang.

Pastikan Anda hanya memilih developer terbaik dan telah memiliki reputasi yang jelas dalam mengerjakan proyek apartemen atau proyek-proyek besar lainnya.

Cermati juga izin dan segala dokumen penting terkait legalitas dari apartemen tersebut. Jangan sampai kelak Anda mengalami berbagai masalah hanya karena salah dalam memilih developer ini sejak awal.

4. Sesuaikan dengan budget Anda
Jangan pernah membeli apapun hanya karena emosi sesaat, karena biasanya setelah emosi Anda mereda, Anda sudah kehilangan interest akan barang tersebut.

Begitu juga dengan apartemen, jangan tergiur janji-janji manis yang diberikan oleh pengembang.

Berpikir realistis dengan memilih apartemen yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Tidak ada salahnya membeli sebuah unit apartemen yang tidak terlalu besar dan mewah, apabila hal tersebut memang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Lagi pula yang terpenting dari sebuah hunian bukanlah besar atau kecilnya tempat tersebut, namun kenyamanan dan keamanan yang Anda rasakan sebagai penghuni ketika tinggal di dalamnya.

Tren apartemen di kota Bandung

Tren apartemen di Kota Bandung

Selayaknya kota-kota besar lainnya, Bandung juga terkena tren pertumbuhan apartemen yang cukup pesat.

Bahkan, Bandung sendiri dianggap merupakan suatu daerah dengan prospek investasi apartemen terbaik, dengan peminat apartemen yang terus meningkat setiap tahunnya.

Tidak heran jika harga apartemen di kota Bandung terus meroket hingga menyentuh harga yang cukup fantastis.

Rata-rata harga apartemen di Bandung, yang berharga dibawah Rp 1 miliar, berada dikisaran harga Rp12,61 juta per meter persegi pada kuartal II tahun 2016.

Sedangkan pada kuartal II tahun 2017, rata-rata harga apartemen di Bandung (dibawah Rp 1 miliar) naik menjadi Rp 13,94 juta per meter perseginya.

Seperti dilansir Liputan6, tren kenaikan harga apartemen di Bandung tidak lepas dari sejumlah proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan di sana. Contohnya seperti pada area Bandung Timur dengan proyek Bandung Teknopolisnya.

Sebuah kota baru berbasis teknologi informasi yang berlokasi di kawasan Gedebage ini digadang-gadang bisa menyamai pusat teknologi kelas dunia Cyber Jaya di Malaysia hingga Silicon Valley di Amerika Serikat.

Selain itu ada rencana pembukaan pintu tol langsung menuju Gedebage yang berlokasi di KM-149 Tol Purbaleunyi yang terkoneksi langsung dengan Jalan Soekarno-Hatta.

Apalagi dua tahun mendatang warga Bandung juga bisa menikmati kereta cepat (High Speed Train) Jakarta-Bandung yang dinilai mendorong kenaikan median harga apartemen di Bandung.

Segala infrastruktur yang sedang dan akan dibangun di kota Bandung membuat para pengembang melirik kota Bandung sebagai daerah dengan nilai investasi apartemen yang sangat baik.

Belum lagi potensi-potensi lain yang ada di kota tersebut seperti, banyaknya pelajar yang datang ke kota Bandung dan membutuhkan hunian sementara ketika ia berkuliah di sana.

Tren hunian apartemen yang lebih ramah kantong juga kian baik di kota ini, khususnya pada wilayah-wilayah yang dekat dengan kampus, seperti Dago, Ciumbuleuit, Buah Batu, dan sebagainya.

Melihat berbagai potensi investasi yang sangat cemerlang itu, tidak heran jika banyak pengembang yang melirik Bandung untuk dijadikan lokasi dibangunnya apartemen-apartemen baru.

Fakta dan mitos investasi apartemen

Fakta dan mitos investasi apartemen
(Photo: iStock)

Apakah beneran investasi property berupa apartemen akan selamanya menguntungkan?

Jawabannya tentu saja, TIDAK!

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, hal yang paling mempengaruhi nilai investasi sebuah apartemen adalah lokasi.

Nilai investasi sebuah apartemen tidak melulu dikarenakan lokasinya yang strategis dan dekat ke seluruh penjuru kota, yang terpenting adalah cara kalian menilai suatu wilayah.

Apabila Anda bisa melihat dengan jeli setiap lokasi yang memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi, maka nilai investasi pada apartemen tersebut juga akan terus meningkat dan menguntungkan.

Harga apartemen di Bandung bisa terus naik karena memang potensi wilayahnya yang sangat baik, karena dipenuhi oleh para pendatang mulai dari mahasiwa, pekerja, sampai keluarga.

Selain itu, berbagai infrastruktur yang akan dibangun di kota Bandung terasa sangat menjanjikan bagi para pengembang properti.

Selalu prioritaskan lokasi apartemen apabila tujuan Anda membeli adalah untuk berinvestasi.

Sama halnya dengan berbagai investasi lainnya, tentu investasi apartemen juga memiliki risiko penurunan harga.

Hal ini bisa terjadi ketika misalnya, ada seseorang yang membeli apartemen dengan harga tinggi yang merupakan harga “titik jenuh”. Jika hal tersebut terjadi, mau tidak mau, harga apartemen akan turun.

Lain cerita jika membeli apartemen ketika harganya masih dalam batas wajar, hal ini dapat membuat harga jual kembali apartemen akan naik.

Paling tidak, ada empat faktor utama yang harus dimiliki oleh apartemen yang menguntungkan. Keempat faktor tersebut adalah lokasi, privasi, keamanan, dan terakhir adalah harga.

Pastinya, tidak ada hal yang pasti dalam berinvestasi, seperti halnya investasi apartemen. Tidak ada rumus yang menyebutkan bahwa harga sedang dalam titik jenuh atau wajar.

Karena fluktuasi harga apartemen sangat tergantung dari kondisi kawasan apartemen itu sendiri.

Maka dari itu, penting untuk melakukan survei dan terus mencari tahu tentang keunggulan dan harga apartemen yang akan dijadikan investasi sebelum membelinya.

Pastikan bahwa Anda mendapatkan informasi yang valid mengenai fasilitas apartemen dan juga harganya. Jangan lupa untuk membandingkan harga apartemen yang satu dengan lainnya juga.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.