Rasakan Kedahsyatan dan Keistimewaan Surat Al Ikhlas

Posted on

bacaan surat al ikhlas

Surat Al Ikhlas menjadi salah satu surat pendek yang paling tepat untuk mengajarkan anak dalam membaca Al Quran. Pasalnya, surat Al Ikhlas hanya terdiri dari empat ayat saja sehingga mudah untuk dihafal. Selain sekedar mengajarkan bacaannya, namun kita juga harus mengajarkan makna serta keutaman yang terkandung di dalam surat Al Ikhlas. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai bacaan surat Al Ikhlas dan keutamaannya, mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

1. Bacaan Surat Al Ikhlas dan Artinya

“Qul huwallahu ahad, allahu-samad, lam yalid walam yulad, wa lam yakullahu kufuwan ahad”.

Artinya: Katakanlah (Muhammad) “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia”.

2. Makna Surat Al Ikhlas

Kandungan pokok dalam surat Al Ikhlas merupakan penegasan terhadap keesaaan Allah SWT. Tak hanya itu, surat Al Ikhlas juga mengajarkan umat manusia untuk menolak segala bentuk penyekutuan terhadap Allah SWT. Adapun mengenai makna detail yang terkandung dalam surat Al Ikhlas seperti berikut:

  • Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa”
  • Allah tempat meminta segala sesuatu
  • (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan
  • Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.
Baca juga :  Lailatul Qadar, Malam Mulia Yang Dirahasiakan

3. Keutamaan Surat Al Ikhlas

• Setara Dengan Sepertiga Al Quran

Abu Sa’id Al Khudri menuturkan bahwa Rasulullah SAW bertanya kepada para sahabat, “Apakah seseorang dari kalian tidak mampu membaca sepertiga Al Quran dalam satu malam (saja)?”. Pertanyaan tersebut membuat para sahabat keberatan, sehingga mereka berkata “Siapa di antara kami yang mampu melakukan hal itu, wahai Rasulullah?”. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Allahul Wahidush Shamad, (adalah) sepertiga Al Quran” (HR. Bukhari). Surat yang dimaksud adalah Al Ikhlas.

• Memperlancar Rezeki

Riwayat dari Abu Musa Al-Madini dan Shal bin Sa’ad mengisahkan, dulu ada seseorang yang mengadu pada Rasulullah mengenai kefakiran dan kesulitan ekonominya. Kemudian Rasulullah berkata kepadanya, “Jika kamu masuk rumah, ucapkanlah salam jika ada seseorang di dalamnya. Jika tidak ada seseorang, maka ucapkanlah qul huwallahu ahad satu kali. Lantas orang itu mengerjakan perintah Rasulullah. Tak lama, Allah memberikan banyak rezeki kepadanya sampai melimpah kepada tetangganya”.

• Dicintai Oleh Allah SWT

Dalam sebuah hadits yang menyebutkan mengenai keutamaan surah Al Ikhlas, bahwa ada seorang sahabat yang sering membaca surat Al Ikhlas. Sahabat Rasulullah tersebut kemudian mengatakan, bahwa surat Al Ikhlas mengandung gambaran sifat Allah. Rasulullah yang tahu akan hal itu kemudian bersabda bahwa Allah mencintainya.

Baca juga :  Macam-macam Niat Ibadah

Aisyah Ra, menuturkan jika Rasulullah pernah mengutus seseorang kepada sekelompok Mujahid, dan saat orang itu menjadi imam dalam shalatnya, “Ia membaca dan mengakhiri (bacaannya) dengan qulhu wallahu ahad. Maka tatkala mereka kembali pulang, mereka bercerita kepada Rasulullah”.

Lalu Rasulullah bersabda: “Tanyalah ia, mengapa ia berbuat demikian?” Kemudian mereka bertanya kepadanya. Ia pun menjawab: “karena surat ini (mengandung) sifat ar Rahman, dan aku cinta untuk membawa surat ini”. Lalu Rasulullah bersabda: “Beritahu dia sesungguhnya Allah pun mencintainya”.

• Mengusir Rasa Gundah di Malam Hari

Saat merasa gundah dan resah di malam hari yang membuat sulit tidur, maka bacalah surat Al Ikhlas, Al Falaaq, An Nass, dan Al Fatihah. Lalu mintalah kepada Allah SWT agar diberi ketenangan hati, sehingga bisa tidur di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.