Resep Masakan Rumahan Yang Sangat Istimewa

Posted on

resep masakan rumahan

Sebagai ibu rumah tangga sudah tugas kita tentunya menyiapkan makanan yang istimewa untuk keluarga. Namun jangan terlalu anda bawa pusing juga. Masakan rumahan yang istimewa tidak harus yang susah seperti rendang dan juga rawon. Anda bisa memilih masakan rumahan yang sederhana tetapi semua keluarga pasti tidak mau menolak. Jangan hanya digoreng saja. Kalau ayam goreng atau telur goreng lagi pastinya bosan. Jadi anda bisa mengolah masakan sederhana menjadi istimewa. Berikut resep masakan rumahan yang sangat istimewa.

1. Semur Ayam

resep semur ayam

Masakan rumahan yang satu ini sangat mudah untuk dibuat. Pastinya berbeda dari hidangan ayam goreng. Semur ayam sangat disukai oleh anak-anak karena memiliki rasa yang manis. Namun suami anda juga pasti akan suka.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat semur ayam adalah 1 kg daging ayam, bawang bombay, kecap manis 5 sachet, merica bubuk, garam, penyedap rasa. Sebagai taburan anda bisa siapkan bawang merah 7 buah.

Hal yang harus anda lakukan pertama kali dalam membuat semur ayam adalah dengan mencuci bersih ayamnya. Setelah itu ditiriskan. Kemudian anda iris-iris bawang bombay. Anda tumis selanjutnya bawang bombay hingga wangi. Kemudian anda tambahkan garam, merica dan penyedap rasa sedikt-sedikit saja. Lalu anda masukkan ayam dan air secukupnya. Tambahkan kecap ke dalamnya. Lalu anda tunggu ayam hingga matang. Taburi bawang goreng setelah matang.

2. Resep Jamur Krispi

resep jamur krispi

Masakan rumahan yang satu ini sangatlah mudah dan bahan yang diperlukan juga tidak banyak. Siapa yang tidak suka jamur tiram. Jamur tiram bisa ditumis atau juga digoreng. Nah hidangan yang satu ini digoreng dan krispi pastinya.

Bahan-bahan membuat jamur krispi adalah jamur tiram sebanyak setengah kilo atau 1 kilogram. Sesuai dengan kebutuhan anda. Lalu siapkan juga telur 1 butir. Kemudian anda beli tepung bumbu ayam krispi sebanyak 1 sachet.

Cara membuat jamur kripsi mudah. Anda cuci dahulu jamur tiramnya hingga bersih. Lalu anda pisahkan jamurnya jika ada yang terlalu besar. Lalu anda tiriskan jamur tiramnya dengan sedikit menekan jamurnya, agar air pada jamur hilang. Lalu anda taruh wadah, berikan telur dan diaduk. Setelah itu tambahkan tepung bumbu ayam kripsi. Siapkan minyak panas. Lalu goreng dengan api sedang.

3. Ikan Gurame Asam Manis

resep ikan gurame asam manis

Masakan rumahan yang satu ini istimewa sekali dan menjadi favorit keluarga. Ikan gurame memiliki ukuran yang besar biasanya. Harganya juga relative mahal karena dagingnya enak sekali. Nah anda buat jadi sajian ikan gurame asam manis agar tidak membosankan.

Bahan-bahan dalam membuat ikan gurame asam manis adalah ikan gurame 1 buah ukuran lumayan besar. Bahan selanjutnya adalah bawang bombay 1 buah, saos sambal, saos tomat, garam, jeruk nipis, penyedap rasa dan minyak.

Anda terlebih dahulu cuci bersih ikan guramenya. Lalu lamuri dengan garam dan juga jeruk nipis agar tidak amis. Diamkan dan sisihkan selama bebrapa menit. Setelah itu anda potong bawang bombay. Tumis bawang bombaynya hingga wangi. Setelah wangi masukkan saos sambal dan saos tomatnya. Jika ingin lebih pedas, anda tuang lebih banyak saos sambalnya. Beri air secukupnya lalu anda masukkan garam dan penyedap rasa, tunggu hingga kental. Sambil menunggu saus asam manis. Anda goreng gurame hingga matang. Setelah itu anda taruh gurame pada piring dan sirami dengan saus asam manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.