Sebabkan Gatal Berikut Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi

Posted on

cara mengatasi ruam popok

Apakah ruam popok bayi menyebabkan bayi merasa gatal terus-menerus? Kebanyakan bayi merasakan rasa gatal ketika ruam itu muncul. Ruam popok timbul dapat disebabkan oleh munculnya bakteri karena area kulit Si Kecil yang tertutup popok kerap dalam kondisi lembap. Selain itu ruam popok juga bisa timbul karena kulit halusnya yang sensitif terhadap bahan yang digunakan oleh popok tertentu. Oleh karena itu, penting untuk Moms memberikan popok yang tidak menimbulkan alergi dan iritasi, sehingga ruam popok dapat dihindari.

Apakah ruam popok gatal?

Pernahkah Moms memperhatikan Si Kecil kerap menggaruk bagian popoknya atau wilayah di sekitar pantat? Bila iya, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh rasa gatal yang timbul karena ruam popok. Ruam popok yang gatal dan digaruk hingga luka, bila dibiarkan maka bisa semakin meningkatkan risiko timbulnya jamur dan berpotensi menjadi infeksi pada kulit Si Kecil. Saat ruam popok sudah semakin gatal dan mengganggu anak, biasanya akan timbul kembali pertanyaan bagaimana cara mengatasi ruam popok.

Munculnya ruam di wilayah sekitar popok bisa disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Penggunaan popok yang terlalu lama
  2. Kulit sensitive
  3. Mulai MPASI
  4. Infeksi bakteri
  5. Antibiotik

Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi

Bila ruam popok muncul pada Si Kecil, berikut adalah beberapa cara mengatasi ruam popok yang bisa Moms lakukan di rumah. Memang perlu kesabaran karena biasanya efeknya baru akan hilang dalam waktu 3 hingga 4 hari, tetapi itu lebih baik ketimbang langsung membawanya ke klinik.

1. Pastikan popok tidak terlalu ketat

Ketika ruam muncul, kulit bayi sedang mengalami luka. Sehingga, bila Si kecil sedang mengalami ruam, pastikan ukuran popok yang Moms kenakan untuk Si Kecil tidak ketat. Moms bisa mengatur perekat agar tidak ketat, atau pastikan karet pada popok celana tidak menimbulkan bekas merah sebagai tanda ukuran popok yang terlalu sempit bagi Si Kecil. Hal ini akan membantu lecet pada kulit cepat sembuh. Moms bisa memilih popok Merries perekat pada varian popok perekat yang bisa dilepas-pasang agar Moms bisa mengatur sesuai kebutuhan Si Kecil. Pada varian Pants, karet pada popok Merries fleksibel sehingga bisa diregangkan hingga 2.5x dari ukuran semula, karet pada popok Merries juga lembut, membuat Moms tidak perlu khawatir popok akan meninggalkan bekas merah. Dengan memilih popok yang tepat, ruam bisa segera sembuh, dan rasa gatal bisa segera hilang.

Baca juga :  7 Cara Mencegah Kehamilan

2. Bilas pantat bayi dengan air

Ketika mengganti popok, bilas dengan air lalu tepuk secara perlahan menggunakan lap. Jangan menggunakan tisu beralkohol ataupun yang mengandung wewangian. Hal tersebut akan menambah rasa perih pada Si Kecil. Bilas atau gunakan lap yang telah direndam dengan air hangat, sehingga Si Kecil tetap merasa nyaman. Menepuk pantat dengan lap bertujuan untuk mengeringkannya secara perlahan. Jangan diusap ya Moms, karena hal tersebut akan menambah rasa perih yang ada.

3. Sering mengganti popok

Saat malam hari, kerap kali Moms ataupun Dads sudah terlalu letih sehingga kadang rasa malas timbul untuk mengganti popok Si Kecil. Lawan hal itu dan rutin mengecek kondisi popok Si Kecil pada malam hari. Bila si Kecil BAB, maka segera ganti popoknya. Dengan begitu, kulit Si Kecil akan selalu kering dan bersih. Sehingga ruam popok yang ada bisa segera hilang. Moms bisa menggunakan popok Merries yang memiliki alarm penanda pipis. Jadi ketika popoknya sudah terisi cairan, akan terlihat perubahan warna pada strip yang ada di popok. Dengan begitu, Moms bisa lebih mudah dan menghemat waktu ketik mengecek popok Si Kecil, Moms juga tidak perlu selalu meraba popok untuk memastikan apakah popok sudah penuh apa belum, karena hal itu juga berpotensi memindahkan bakteri yang ada di tangan Moms ke popok Si Kecil. Bila terlihat sudah penuh, maka segera ganti popok lama dengan popok baru. Dengan langkah tersebut diharapkan ruam popok pada bayi bisa segera hilang. Terpenting adalah, jaga kebersihan dan kekeringan kulit pantat Si Kecil. Jangan dibiarkan lembap dalam waktu yang terlalu lama.

Baca juga :  3 Cara Perawatan Wajah Menggunakan Bubuk Kopi

Intinya Moms, kulit bayi memang butuh perhatian ekstra. Kenyamanan bayi tentu harus menjadi prioritas utama Moms dan Dads sebagai orang tua. Jadi Moms dan Dads tidak usah ragu lagi dengan kelembutan popok Merries. Merries pilihan yang tepat untuk Si Kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.