Teknik Menggendong Bayi yang Benar

Posted on

menggendong bayi

Tubuh bayi jauh lebih rentan akan bahaya, mulai dari imun di dalam tubuh sampai dengan tulangnya. Untuk para Bunda, menggendong bayi bukan perkara mudah dan dianggap sepele. Perlu kehati-hatian, bahkan dalam mengangkat tubuh bayi juga tidak bisa sembarangan. Untuk itu Bunda mengikuti tips dalam menggendong bayi:

Menimang bayi

Menimang adalah cara menggendong bayi baru lahir yang paling banyak dilakukan orang tua. Langkah awal yang perlu Bunda lakukan adalah dengan menempatkan salah satu lengan di bawah leher dan kepala Si Kecil, sedangkan tangan yang lain berada di bagian bokongnya.

Angkat Si Kecil secara perlahan dan sesuaikan posisinya hingga ia merasa nyaman. Kepala dan leher Si Kecil harus berada di lengan bagian dalam atau lipatan lengan saat digendong. Selanjutnya, Bunda bisa melakukan gerakan mengayun perlahan.

Menggendong dengan cara menimang sering digunakan sebagai posisi menyusui. Selain itu, posisi ini juga baik untuk bertatapan langsung dan berkomunikasi dengan Si Kecil.

Memeluk bayi

Cara menggendong bayi dengan memeluk biasanya dilakukan setelah menyusui untuk membuatnya bersendawa. Posisikan tubuh Si Kecil sejajar dengan dada Bunda dan letakkan kepalanya di bahu.

Pastikan untuk meletakkan satu tangan di antara kepala dan leher Si Kecil, sedangkan tangan yang lain menopang bokongnya. Menggendong Si Kecil dengan cara memeluk dapat membuatnya merasa tenang dan nyaman, sehingga ia lebih mudah tertidur.

Menyangga perut bayi

Menggendong bayi dengan posisi tengkurap biasanya dapat membuatnya cepat tenang saat rewel. Untuk melakukan cara ini, posisikan Si Kecil dalam kondisi tengkurap di lengan Bunda. Pastikan bagian kepala dan leher Si Kecil menghadap ke siku dan topang kedua kakinya dengan tangan.

Namun, kenyamanan cara menggendong ini tergantung pada seberapa panjang lengan Bunda. Jika memiliki lengan yang pendek, Bunda dapat membaringkan Si Kecil di atas pangkuan dengan posisi tengkurap. Jangan lupa untuk menopang bagian kepala dan lehernya.

Untuk menggendong Si Kecil, Bunda juga dapat menggunakan kain atau gendongan modern yang saat ini mudah ditemukan. Menggunakan kedua alat tersebut dapat membantu Bunda menggendong Si Kecil tanpa harus menyangganya dengan tangan.

Selain itu, menggendong dengan kain atau gendongan modern juga dapat memudahkan Bunda mengatur posisi Si Kecil, termasuk saat sedang menyusui. Masih banyak lagi cara menggendong bayi lainnya yang bisa Bunda lakukan. Pastikan ketika menggendong bayi menggunakan popok yang nyaman ya Bunda, salah satu referensi popok no.1 di jepang yaitu Merries.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.