Ternyata Ini Dia yang Mempengaruhi Naik dan Turunnya Harga Emas Hari Ini

Posted on

harga emas hari ini

Rasanya sudah bukan hal yang baru jika investasi emas menjadi salah satu bentuk investasi yang paling banyak diminati. Baik pengusaha, karyawan, sampai orang biasa kini bisa dengan mudah melakukan investasi emas karena sudah banyak tempat dan juga aplikasi yang mewadahinya. Banyak alasan baik yang menjadikan investasi emas ini dianggap sebagai investasi yang menguntungkan.

Alasan investasi emas ini dianggap menguntungkan karena investasi ini dianggap zero risk atau tidak memiliki resiko. Jadi orang awam yang tidak begitu paham dengan investasi pun akan bisa mendapatkan keuntungan jika melakukan investasi ini. Tentunya dibanding dengan investasi saham yang mungkin perputaran keuntungannya lebih cepat tapi perputaran turunnya harga saham pun bisa lebih cepat.

Sehingga bentuk investasi lain seperti investasi saham dianggap lebih memiliki resiko yang tinggi. Berbeda halnya dengan harga emas yang cenderung memiliki nilai yang cukup stabil. Jadi meskipun keuntungan yang didapat dari investasi emas ini bisa dibilang dalam jangka panjang. Tapi keuntungan yang didapatkan bisa lebih pasti dan lebih besar dibandingkan dengan investasi lainnya.

Contohnya jika melihat grafik harga emas hari ini yang berada di angka Rp. 956.000 untuk satu gram emas. Sedangkan harga emas di minggu sebelumnya adalah Rp. 949.000 yang tentunya terlihat bahwa terjadi kenaikan dalam harga emas tersebut. Meskipun kenaikannya tidak besar, tapi jika disimpan dalam jangka waktu yang lama bisa anda bayangkan berapa keuntungan yang bisa anda raih.

Jadi memang saat anda melakukan investasi emas ada baiknya anda selalu memantau pergeseran harga emas setiap harinya. Lalu sebenarnya apakah yang membuat harga emas tersebut menjadi naik dan turun? Kira-kira faktor apa saja yang memperngaruhinya? Berikut beberapa alasan yang membuat perubahan pada harga emas.

  1. Kondisi glogal yang tidak pasti

Ternyata situasi politik, ekonomi. resesi, bahkan krisis juga bisa menjadi salah satu penyebab naik turunnya harga emas. Salah satu bukti bahwa situasi tersebut mempengaruhi naik turunnya harga emas yaitu seperti pada perisitiwa perang dagang antara Amerika dan China. Peristiwa tersebut akhirnya membuat orang berbondong – bondong melakukan investasi emas yang akhirnya membuat harga emas naik dan sulit dicari.

  1. Penawaran dan permintaan emas

Ternyata di investasi emas hukum penawaran dan juga permintaan barang menjadi salah satu penentu naik turunnya harga emas. Jadi jika permintaan emas tinggi dan ketersediaan emas mulai menipis maka harga emas tersebut akan ikut melonjak. Tapi jika sebaliknya dimana permintaan emas menurun maka harga emas pun akan ikut menurun.

  1. Adanya kebijakan moneter

Faktor yang mempengaruhi perubahan harga emas yaitu adanya kebijakan moneter yang diambil oleh pihak Bank Sentral di Amerika Serikat atau biasa dikenal dengan sebutan The Fed. Kebijakan moneter ini merupakan kebijakan yang mengatur naik turunnya suku bunga.

  1. Inflasi

Faktor lainnya yang mempengaruhi naik turunnya harga emas adalah inflasi. Jika semakin tinggi tingkat inflasi maka semakin tinggi pula harga emas di pasaran. Itulah mengapa investasi emas disebut sebagai investasi yang tahan terhadap inflasi.

  1. Nilai tukar US Dollar

Faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga emas adalah perubahan pada nilai tukar dollar amerika serikat. Itu karena semua mata uang di dunia akan dikonversikan ke mata uang dollar yang membuat nilai tukar dollar mempengaruhi harga emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.