Tips Aman Ajukan Pinjaman Uang Online

Posted on

pinjaman uang online

Tidak sedikit orang kini mengandalkan pinjaman uang online baik saat dalam kondisi terdesak maupun saat memenuhi kebutuhan tertentu seperti membeli smartphone yang sudah didambakan. Hal tersebut bahkan sudah menjadi tren saat ini. Prosesnya mudah dan cepat, tidak seperti di bank yang membutuhkan waktu lebih lama.

Beberapa fintech layanan pinjaman uang online yang ada di Indonesia memang hanya mensyaratkan bukti tempat tinggal dan bukti penghasilan saja. Selebihnya tidak ada syarat yang terlalu rumit seperti yang disyaratkan oleh bank apalagi sampai ada survei.

Beberapa tahun sebelumnya, memang ada lembaga keuangan konvensional yang memberikan pinjaman uang dengan mudah, tetapi harus memberikan jaminan atau dikenai biaya administrasi hingga 10 persen lebih.

Berkat inovasi dan kemajuan teknologi, justru saat ini semakin mudah karena pengajuan pinjaman bisa dilakukan hanya lewat aplikasi. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan ada beberapa tips aman saat mengajukan pinjaman uang secara online.

Terdaftar di OJK

Sudah banyak yang mewanti-wanti agar hanya meminjam pada layanan pinjaman uang online yang sudah terdaftar di OJK saja. Sebagai regulator resmi yang menaungi fintech di Indonesia, salah satu tugas OJK adalah untuk melindungi nasabah dari penipuan maupun kejahatan finansial.

Oleh karena itu, agar tidak menjadi korban oknum pinjaman online yang memberikan bunga tinggi apalagi mengalami penagihan intimidatif, pastikan dulu bahwa perusahaan yang kamu pilih benar-benar terdaftar di OJK.

Setelah itu kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Saman modern saat ini, kamu sudah bisa mendapatkan reputasi sebuah perusahaan dengan cara googling. Apa yang ada di internet memang tidak bisa sepenuhnya dipercaya, akan tetapi bisa dijadikan sebagai patokan dasar dalam menilai sebuah perusahaan dari sudut pandang yang berbeda.

Transparansi Biaya

Fintech resmi pastilah memberikan transparansi biaya. Bukan hanya itu saja. Informasi tentang suku bunga, tenor cicilan dan juga denda, sudah harus diinformasikan secara transparan baik melalui situs resmi maupun melalui simulasi yang ada di aplikasi.

Beberapa korban layanan pinjaman uang online umumnya terjebak karena tidak memahami cara kerja dan bunga pinjaman sehingga utangnya makin berkembang. Hal tersebut bisa dihindari jika sudah ada transparansi dari awal sehingga masyarakat pun akan berpikir lebih bijaksana sebelum mengajukan pinjaman uang secara online.

Punya Aplikasi Resmi

Definisi aplikasi resmi ini maksudnya adalah terdaftar di Google Play Store maupun App Store. Beberapa fintech yang tidak terdaftar di OJK kadang-kadang hanya mencantumkan tautan ke situsnya. Cara seperti ini justru yang harus diwaspadai karena umumnya fintech yang serius menggarap produknya, pasti mengunggahnya secara terbuka di kanal yang lebih dikenal sebagai penyedia aplikasi seperti yang disediakan oleh Google dan Apple.

Salah satu fintech yang juga resmi terdaftar di OJK adalah Kredivo. Kredivo semula memang dikenal sebagai perusahaan penyedia kartu kredit online. Namun, inovasi terus dilakukan hingga kini menjadi sebagai salah satu super app yang bisa digunakan untuk belanja online, penyedian pinjaman, kanal pembayaran tagihan dan penyedia tiket pesawat dengan metode pembayaran menggunakan angsuran.

Dengan kredit limit hingga Rp30 juta, Kredivo punya fitur pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Bunganya rendah hanya 2,95% saja per bulan dengan tenor bayar dalam 30 hari untuk pinjaman mini dan tenor 3 dan 6 bulan untuk pinjaman jumbo.
Syarat mendaftarnya pun sangat mudah. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.

Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon. Serta bisa membuktikan berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan lewat slip gaji ataupun menghubungkan akun internet banking lewat aplikasi Kredivo saat pendaftaran.

Tiga tips aman tersebut sebetulnya sudah menjadi modal untuk mengenali fintech yang bisa dipercaya. Selama persyaratan terpenuhi dengan baik, proses persetujuan biasanya jarang ditolak. Saat disetujui, saat itu juga kamu sudah bisa mengajukan pinjaman uang online dari Kredivo. Tertarik untuk mendaftar?

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.