Tips Memilih Furniture yang Baik untuk Ruanganmu

Posted on

tips memilih furniture

Kehadiran furniture di dalam sebuah rumah bisa dibilang sangat penting karena dapat mempercantik ruangan serta memberikan kesan nyaman. Kamu harus tahu ketika akan memilih model dan desain rumah modern, terdapat dua kriteria penting yang harus diperhatikan dalam memilih furniture. Furniture memiliki fungsi praktis dan estetis. Fungsi praktis berkaitan dengan kegunaan furniture tersebut untuk ruang. Ini meliputi sebagai tempat meletakkan pajangan, wadah alat, tempat duduk, dll. Sementara itu, fungsi estetis berkaitan dengan kenyamanan ketika berada didalamnya. Oleh karena itu, berikut tips memilih furniture yang baik untuk ruanganmu, yuk simak!

Cocokan Furniture dengan Kondisi Ruang

Pertama kamu harus mencocokan kondisi ruangan dengan furniture. Meskipun kamu mempunyai furniture unik, jika konsep ruang tidak cocok tentu hal ini hanya akan membuang waktu, uang, dan tenaga. Untuk patokannya, berikut adalah beberapa pertimbangan terkait pemilihan furniture sesuai kondisi ruang :

1. Ukuran Furniture
Untuk mencari ukuran yang ideal, ada baiknya kamu menentukan ukuran dan kondisi ruang. contohnya, jika ruangan kamu minimalis tentu akan lebih cocok jika diisi dengan beragam furniture berukuran kecil hingga sedang. Jika kamu memaksa untuk menyimpan furniture yang ukuran besar hanya akan membuat ruangan terasa sempit, sumpek, dan tidak nyaman.

2. Pemilihan Warna
Pilihlah warna yang cocok dengan warna dinding dari segi elemen dekorasi interior yang lain. Cara mudahnya, kamu bisa dengan menyamakan warna dominan yang ada di dalam ruang serta menghindari penerapan warna kontras rendah. Kedua cara ini sendiri amat penting, terutama untuk menjamin kehadiran furniture agar menyatu dan tidak menimbulkan ketimpangan yang mampu merusak keindahan ruang.

Desain

Sudah menjadi hal yang umum, dalam memilih desain furniture kamu mencari yang senada dengan tema ruang. Meskipun begitu, disarankan kamu memilih desain furniture yang tidak lekang waktu. Selain menghemat anggaran, kamupun bisa berkreasi dengan mengubah-ubah tampilan furniture sesuai minat kamu.

Pilih Bahan Berkualitas dan Punya Konstruksi yang Kuat

Sekarang terdapat banyak bahan furniture yang tersedia di pasaran. Namun untuk urusan kualitas dan ketahanan yang lebih lama, meja rias dan coffee table adalah dua contoh furniture yang bisa tahan lama dengan konstruksi kayu. Salah satu contohnya bisa ditemui dalam ragam furniture Jepara. Selain terkesan alami, kayu juga memiliki daya tahan yang lebih bagus, ketimbang bahan lain seperti alumunium atau kayu partikel. Jika kamu ingin memilih jenis lain, pastikan kamu memilih furniture dengan kualitas finishing dan kain pelapis yang baik. Beberapa tolok ukurnya, seperti bahan dan teknik pernis, ketahanan terhadap kotoran maupun debu, kemudahan perawatan, serta kualitas warna.

Sesuaikan dengan Anggaran

Apa pun jenis furniture yang kamu pilih, sebaiknya menyesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki.

Untuk menghemat pengeluaran, sebenarnya tidak berhenti saat proses pemilihan furniture berakhir. Lebih dari itu, kamu juga harus memastikan agar setidaknya furniture/perabot yang dipilih tidak mengakibatkan biaya yang membengkak di kemudian hari. Beberapa tips yang harus kamu perhatikan, yaitu 1. Memilih perabotan yang hemat energy, 2. Memilih barang dengan warna netral karena furniture berwarna cerah biasanya menjual dengan harga mahal, 3. Membeli satu set furniture, 4. Selalu mengecek label serta garansi yang diberikan, 5. Sabar untuk tidak membeli seluruh furniture rumah sekaligus.

Dalam membeli furniture yang baik untuk rumah memang sedikit rumit. Namun, bukan berarti membuat kamu pusing dalam mendekor. Kamu juga bisa mencari Jual Furniture Murah sebagai pertimbangan budget kamu. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.