Tips Menggendong Bayi yang Baru Lahir

Posted on

menggendong bayi

Berperan sebagai orang tua tentu bukan hal yang mudah, mulai dari anak dalam kandungan bahkan sampai telah lahir di dunia. Oleh karena itu dalam menggendong bayi juga perlu kehati-hatian, salah sedikit bisa membuat bayi terluka.

Terdapat beberapa cara gendong yang benar berdasarkan posisi menggendong bayi. Variasi cara ini biasanya disesuaikan dengan kenyamanan Anda dan bayi, serta dilakukan untuk tujuan yang spesifik, misalnya menyusui atau menyendawakan bayi. Berikut beberapa variasi cara mengangkat bayi yang benar yang dapat Anda pilih.

Gendong bahu
Kepala bayi disenderkan di bahu bagian depan. Lengan Anda yang satu menopang leher dan kepala bayi, sedangkan yang satu lagi menahan bokong dan punggung bagian bawah. Cara menggendong ini biasanya dilakukan untuk menyendawakan bayi seusai menyusu.

Gendong pangku
Cara gendong bayi yang satu ini paling cocok dilakukan saat Anda ingin bermain dengan si kecil. Berbaringlah telentang menghadap ke atas dengan kaki ditopang. Lalu, letakkan bayi di atas pangkuan Anda dengan kepala bersandar pada lutut dan kakinya di atas perut Anda. Jangan lupa untuk menggunakan kedua tangan Anda untuk menopang kepala bayi dan menjaganya agar tidak jatuh ke satu sisi.

Baca juga :  Mudahnya Menjaga Kebersihan Rumah dengan Tips Berikut

Gendong perut
Biarkan bayi berada dalam posisi tengkurap di pangkuan Anda dengan lengan Anda menopang dada atau dagu bayi. Posisi menggendong bayi seperti ini biasa dilakukan untuk membantu bayi bersendawa. Ingat, jaga saluran napas bayi agar tidak terhalang apa pun dan hentikan cara ini jika bayi merasa tidak nyaman.

Menggunakan gendongan
Saat ini, banyak gendongan bayi yang dijual di pasaran dengan berbagai posisi bayi. Pastikan Anda memilih jenis gendongan khusus bayi baru lahir yang menyesuaikan dengan kondisi fisik bayi Anda.

Menggendong posisi menyusui
Posisi ini pasti diperlukan ketika Anda hendak menyusui bayi. Caranya adalah dengan mengusahakan satu tangan untuk menahan bagian bokong bayi, lalu dekatkan ia ke arah payudara untuk menyusu. Bantuan bantal atau penyangga lain juga dapat dimanfaatkan untuk membantu ketika menggendong dalam posisi ini.

M-shape
Posisi M-Shape adalah cara menggendong bayi dengan posisi duduk tegak menghadap ibu dan bokong bayi harus lebih rendah daripada lututnya. Pastikan kepalanya berada didekat dada Anda. Cara menggendong bayi dengan posisi M-shape membuat ibu dan si Kecil lebih nyaman bergerak. Ini adalah cara gendong yang benar dengan memerhatikan posisi alami bayi menyerupai di dalam rahim, dengan kakinya yang terentang dan terangkat ringan serta punggung berbentuk C.

Baca juga :  Tips Membeli Rumah Sendiri

Setelah mempelajari tips diatas, Anda bisa memilih dan langsung mempraktekannya, tidak lupa Anda juga harus tetap berhati-hati karena bayi baru lahir memiliki tulang yang rentan. Menjadi orang tua tentu menyenangkan apalagi jika melihat Tumbuh kembang bayi sampai dewasa si kecil.

Disinilah pentingnya sebagai orang tua, jangan sampai kita melewatkan masa pertumbuhan anak, karena tanpa kita sadari masa pertumbuhan anak berjalan secara cepat. Dalam memilih pakaian, makanan, hingga popok bayipun menjadi peran penting, dan popok bayi dengan sirkulasi udara yang bagus seperti popok merries bisa menjadi pilihan para orang tua di rumah.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.