Trik Jitu Menata Kamar Mungil, Bikin Nyaman dan Gak Sumpek!

Posted on
menata kamar mungil
Sumber: pinterest.com

Punya kamar dengan ukuran mungil membuat si penghuninya harus pintar-pintar dalam menata kamar agar nyaman ditempati dan gak bikin sumpek. Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri, dimana tempat penyimpanan barang di kamar begitu terbatas sehingga kerap bikin penghuni nya bingung untuk menyimpannya.

Meski begitu, kamu tetap bisa kok memiliki kamar mungil yang tampak indah, rapi, nyaman, dan bisa menyimpan banyak barang di kamar mungil. Untuk membantu kamu menata kamar mungil, berikut sejumlah tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat kamar mungil jadi lebih nyaman dan indah dilihat.

1. Pencahayaan Kamar yang Baik

pencahayaan kamar yang baik
Sumber: pinterest.com

Pencahayaan jadi hal penting yang perlu kamu lakukan agar kamar tidak terkesan sumpek. Cobalah beri pencahayaan sinar matahari dalam kamar. Ini akan membuat kamar tidur kamu tampak lebih luas dan terasa segar di siang hari. Pencahayaan lampu juga punya peran penting dalam menata kamar mungil. Kalau perlu gunakan lampu meja atau lampu lantai, dan perkecil pencahayaan di langit-langit. Pencahayaan yang gak terlalu terang di beberapa bagian kamar mungil bakal menyamarkan setiap sudut ruangan sehingga terkesan lebih luas.

2. Ciptakan Kesan Luas pada Kamar Mungil dengan Cermin

kesan luas dengan cermin
Sumber: pinterest.com

Menggunakan cermin untuk menciptakan ruangan yang terlihat lebih luas dua kali lipat bukanlah rahasia umum lagi. Banyak yang sudah menggunakan trik ini untuk membuat ruangan mungil jadi lebih luas. Cermin dapat memantulkan cahaya serta menciptakan sebuah ilusi optik di ruangan. Ada banyak jenis model cermin yang bisa ditemui di pasaran. Kamu bisa menyimpannya dengan cara ditempelkan pada dinding, disimpan diatas meja atau lantai. Tapi itu tergantung dengan jenis model yang kamu pilih. Agar kamar mungil terlihat estetik, pilih cermin yang sesuai dengan desain di kamar tidurmu.

Baca juga :  Tips Membeli Rumah Sendiri

3. Pilih Furniture yang Gak Makan Banyak Tempat

pilih furniture yang tepat
Sumber: pinterest.com

Supaya kamar mungil kamu tidak tampak sumpek, sebaiknya pilih furniture untuk kamar mungil dengan ukuran yang gak makan banyak tempat. Misalnya, memilih lemari, meja dan kursi berdesain minimalis. Atau kalau kamu ingin menyimpan TV dalam kamar, pilih televisi dengan ukuran tidak besar. TV LED dengan ukuran 24 inch bisa kamu pilih untuk di kamar mungil. Berbagai macam merk, kualitas dan harga TV LED 24 inch sangat bervariasi di pasaran. Dengan furniture yang gak terlalu besar, penataan kamar mungil pun akan lebih mudah buat dilakukan.

4. Sediakan Tempat Penyimpanan yang Praktis

tempat penyimpanan praktis
Sumber: pinterest.com

Untuk menyimpan berbagai barang di kamar, kamu bisa mengakalinya dengan menyimpannya di bawah kolong kasur atau rak terbuka supaya tampilan kamar tetap menarik. Namun, gunakan wadah penyimpanan seperti box untuk menyimpan barang agar bisa tersimpan dengan rapi dan gak berantakan. Manfaatkanlah setiap ruang kosong di dalam kamar, rak di langit-langit tempat tidur juga bisa dicoba.

5. Manfaatkan Dinding dengan Baik

memanfaatkan dinding
Sumber: pinterest.com

Ada banyak trik menata kamar mungil lewat dinding. Mulai dari, menghias dinding dengan gambar-gambar menarik, bingkai foto, hingga rak dinding. Selain sebagai dekorasi kamar, rak dinding bisa digunakan buat menyimpan benda-benda dalam kamar, entah itu buku, foto, jam, tanaman hias, dan dekorasi-dekorasi lain sehingga tidak membuat meja tampak penuh.

Baca juga :  Lakukan Cara Ini untuk Mempercantik Rumah dengan Furniture Jakarta Terbaik

Rak dinding bisa kamu jumpai di toko offline maupun online. Tapi, jika ingin mendapatkan harga murah namun berkualitas baik. Kamu bisa membelinya di online shop karena disana sering banyak diskon dan promo menarik. Jadi, kamu bisa mendapatkan harga TV LED 24 inch, atau rak dinding dengan harga yang lebih murah dari harga aslinya. Lebih menguntungkan bukan?

6. Lupakan Headboard

lupakan headboard
Sumber: pinterest.com

Buat kamar mungil, ada baiknya jangan menggunakan headboard karena itu akan membuat kamar terlihat penuh. Sebagai alternatif, menggantung wall art, membangun rak dinding di atas kasur bisa jadi ide menarik untuk menata kamar mungil yang terlihat keren. Cara menata kamar mungil satu ini akan membuat ruangan jadi jauh lebih estetik.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.