Untung Rugi Beli Rumah di Perumahan Subsidi Jakarta Utara

Posted on
Cover (Freepik)
(Photo: Freepik)

Sudah jadi rahasia umum, sulit sekali mendapatkan harga rumah murah di perkotaan. Hal ini akhirnya mendorong masyarakat membeli di perumahan bersubsidi, termasuk perumahan subsidi Jakarta Utara.

Harga perumahan subsidi yang lebih murah dibandingkan harga hunian di perumahan biasa, membuat orang-orang tertarik untuk membeli rumah di lokasi tersebut.

Sekilas memang terdengar sangat menguntungkan, namun perlu digarisbawahi bahwa membeli rumah di perumahan subsidi atau perumahan biasa pasti memiliki untung dan ruginya masing-masing.

Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan beli rumah di perumahan subsidi Jakarta Utara, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu keuntungan dan kerugiannya.

Kelebihan Perumahan Subsidi Jakarta Utara

Program perumahan bersubsidi ini sebenarnya ada di seluruh kota di Indonesia, bukan Cuma perumahan subsidi Jakarta Utara saja.

Oleh sebab itu, apabila stok rumah subsidi di sana habis, ada baiknya Anda mencarinya di daerah-daerah lain sekitar Jakarta, seperti Tangerang, Depok, dan juga Bekasi.

Lantas, apa sih kelebihan membeli hunian di perumahan subsidi? Berikut selengkapnya.

1. Harga Rumah Lebih Murah

Tentu saja, harga adalah poin pembeda pertama antara rumah bersubsidi dengan rumah biasa. Seperti namanya, rumah subsidi memang hasil bantuan dari pemerintah.

Maka dari itu, rumah ini sebenarnya lebih ditujukan kepada Masyarakat Penghasilan Rendah (MPR), agar mereka bisa memiliki sebuah rumah.

Namun, jangan kaget apabila harga di perumahan subsidi Jakarta Utara berbeda dengan daerah lain yang ada di sekitarnya, hal ini disesuaikan dari harga tanah, fasilitas, serta infrastruktur masing-masing wilayah.

2. Dibangun oleh Developer Terpercaya

Meski perumahan bersubsidi merupakan proyek pemerintah, namun dalam pengerjaannya pemerintah bekerjasama dengan developer yang bertugas untuk membangun perumahan tersebut.

Oleh sebab itu, verifikasi pun dilakukan demi mendapatkan pengembang yang kredibel dan mampu menyelesaikan proyek perumahan subsidi di Jakarta Utara dan daerah lainnya.

Hanya pengembang yang terdaftar resmi di asosiasi Real Estate Indonesia (REI) dan berlisensilah yang biasanya ditunjuk oleh pemerintah, sehingga risiko terjadinya tindak penipuan dirasa cukup minim.

Dibangun oleh developer berpengalaman (Freepik)
(Photo: Freepik)

3. Dekat Daerah Industri

Hal ini bisa jadi kabar buruk sekaligus kabar menggembirakan. Bagi Anda yang bekerja di daerah industri, maka membeli rumah di perumahan subsidi tentu akan sangat menguntungkan.

Perumahan subsidi juga biasanya dibangun di daerah-daerah yang sedang berkembang, sehingga lokasinya terbilang cukup propektif di masa depan.

Lantas, apakah rumah subsidi Jakarta Utara ada, mengingat lokasi tersebut sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat kota? Ada! Hanya saja pasti tidak di pusat Kota Jakarta Utara.

4. Rumah Siap Huni

Kelebihan perumahan bersubsidi berikutnya adalah unit rumah yang tersedia biasanya sudah siap huni.

Sehingga, jika Anda beli rumah di perumahan subsidi Jakarta Utara, Anda tidak perlu menunggu lama lagi untuk dapat menempati rumah tersebut.

Kebijakan rumah siap huni ini dibuat oleh pemerintah demi menjamin keamanan calon pembeli rumah, mengingat metode rumah indent sering kali menjadi celah tindak penipuan pengembang nakal.

5. Syarat Pengajuan Lebih Mudah dan Simple

Demi memudahkan masyarakat untuk dapat membeli rumah di perumahan subsidi Jakarta Utara dan daerah lainnya, pemerintah sengaja membuat persyaratan pengajuan yang mudah bagi calon pembeli.

Hal ini diatur pada Peraturan Kemenpera No. 3 tahun 2014, yakni:

  • WNI berusia minimal 21 tahun;
  • Memiliki penghasilan tetap maksimal Rp4 juta per bulan untuk rumah tapak dan Rp7 juta per bulan untuk rumah sejahtera susun;
  • Menyertakan NPWP;
  • Menyertakan fotokopi SPT dan PPh;
  • Belum memiliki rumah; serta
  • Belum pernah menerima subsidi dari pemerintah dalam bentuk kepemilikan rumah.

Kekurangan Membeli Rumah di Perumahan Subsidi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, baik membeli rumah subsidi ataupun rumah biasanya, semuanya pasti memiliki untung dan juga ruginya.

Agar tidak salah dalam menentukan pilihan, berikut kekurangan membeli rumah di perumahan subsidi Jakarta Utara dan daerah lainnya di Indonesia yang patut Anda perhatikan.

Kekurangan rumah subsidi (Freepik)
(Photo: Freepik)

1. Lokasinya Jauh dari Pusat Kota

Kekurangan pertama ini sering sekali menjadi kendala bagi masyarakat yang ingin membeli rumah di perumahan bersubsidi, pasalnya lokasi perumahan biasanya dibangun jauh dari pusat kota.

Wajar saja, demi menghadirkan harga rumah yang murah, para pengembang pasti mencari daerah yang memiliki harga lahan masih cukup murah, dan sudah pasti tidak di pusat kota.

Oleh karenanya, jika Anda berniat beli rumah di perumahan subsidi Jakarta Utara, lokasinya mungkin tidak terletak di pusat kota tersebut, namun lebih ke daerah-daerah pinggiran kota.

2. Aksesibiltas Terbatas

Pembangunan perumahan subsidi di suatu daerah oleh pemerintah biasanya sekaligus untuk mengangkat nilai jual dari daerah tersebut. Maka wajar apabila lokasinya belum memiliki aksesibilitas yang mudah.

Hal ini bisa menjadi kekurangan, sekaligus kelebihan. Pasalnya, saat ini mungkin daerah tersebut belum memiliki infrastruktur dan fasilitas yang mumpuni, namun belum tentu demikian di masa depan.

Bisa saja daerah tersebut malah semakin prospektif di masa depan, seiring dengan mulai dibangunnya berbagai infrastruktur dan berbagai fasilitas umum di sekitarnya.

3. Spesifikasi Bangunan Rumah

Pernah mendengar ungkapan, “Ada Harga Ada Barang?” Nah, mungkin hal ini jugalah yang terjadi pada rumah-rumah di perumahan subsidi Jakarta Utara dan daerah-daerah lainnya.

Pasalnya, dari harga murah yang Anda keluarkan untuk membeli rumah, spesifikasi rumah yang ditawarkan oleh pengembang juga dibuat sesuai dengan biaya tersebut.

Pada umumnya, luas rumah subsidi dibatasi dari 36 meter persegi untuk rumah tapak dan 21-31 meter persegi untuk rumah susun.

Bagaimana Cara Menemukan Perumahan Bersubdisi?

Meski banyak, mendapatkan perumahan bersubsidi memang cukup sulit. Pasalnya, pemerintah sendiri biasanya tidak mengumumkan secara umum di mana lokasi perumahan bersubsidi baru akan dibangun.

Maka dari itu, Anda harus lebih proaktif dalam mencari informasi tersebut, bisa dengan mendatangi kantor pemasaran properti, bank, mengunjungi pameran properti, hingga mencari lewat laman properti.

Mencari lewat situs jual beli rumah memang cara yang paling mudah dan cukup ampuh untuk mendapatkan rumah bersubsidi, seperti halnya lewat situs 99.co Indonesia.

Sebagai situs properti terbesar dan terpercaya di tanah air, 99.co Indonesia – atau juga dikenal 99.co/id memang menyediakan banyak referensi perumahan bersubsidi dari seluruh wilayah di Indonesia

Sehingga, apabila Anda ingin membeli rumah dari perumahan subsidi Jakarta Utara, mencari lewat situs tersebut merupakan cara yang cukup tepat.

Bagi Anda yang tak sempat untuk mencari rumah tersebut secara pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas agen properti profesional yang tersedia di 99.co Indonesia, lho.

Agen properti tersebut nantinya bukan Cuma akan membantu dalam mencari rumah, namun juga membantu dalam pengurusan segala persyaratan dan dokumentasi terhadap rumah tersebut.

Semoga informasi yang saya berikan kali ini bermanfaat ya, selamat berburu rumah bersubsidi!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.