Urutan Memperkenalkan Makanan Pendamping ASI yang Tepat

Posted on

makanan pendamping asi

Saat bayi sudah memasuki usia 6 bulan dia akan mendapatkan tambahan asupan yang disebut dengan makanan pendamping ASI. Agar kesehatan si kecil tidak terganggu berikan MPASI secara tepat.

Memberikan makanan pendamping ASI pada anak saat usianya sudah memasuki 6 bulan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Perlu diingat bahwa sebelumnya bayi hanya mengkonsumsi air susu saja sebagai makanannya sehingga pencernaannya belum terbiasa dengan jenis asupan yang lainnya. Kesalahan dalam pemberian MPASI bisa mendatangkan masalah yang cukup serius bagi kesehatan si kecil.

Sebelum memberikan MPASI pada si kecil sebaiknya ketahui dulu bagaimana urutan yang benar. Ada tahapan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi si kecil. Berikut ini tahapan pemberian makanan pendamping ASI kepada si kecil.

Urutan Pemberian MPASI

Tahap Pertama

Awali pemberian MPASI pada kecil dengan jenis makanan dengan tekstur yang lembut. Pada tahap pertama ini bisa diberikan bubur, sereal, atau jenis makanan yang dihaluskan lainnya. Jangan lupa juga untuk mulai memberikan sayuran yang direbus misalnya kentang atau wortel dan juga buah-buahan seperti melon. Yang harus diingat semua makanan tersebut harus dihaluskan dulu sebelum diberikan pada si kecil.

Perhatikan penambahan gula dan garam pada makanan si kecil tersebut. Sebaiknya jangan tambahkan gula atau garam pada saat memperkenalkan MPASI untuk pertama kalinya. Penggantian variasi menu bisa dilakukan 3 hingga 5 hari sekali sambil amati dengan baik apakah bayi mengalami gangguan seperti alergi, muntah atau diare setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Jika tidak maka menu tersebut bisa diteruskan.

Pemberian Finger Food

Yang dimaksud dengan finger food adalah makanan yang dipotong seukuran dengan jari ibu agar bisa digenggam oleh si kecil. Contohnya buah pisang yang dibuat seukuran jari dan berikan pada anak agar dia belajar menggenggam dan makan sendiri. Tahapan ini bisa diberikan ketika anak mulai masuk usia 8 bulan.

Makanan Lanjutan

Setelah anak mampu memegang dan memasukkan makanan ke dalam mulutnya melalui tahapan finger food artinya bisa naik ke urutan berikutnya dalam pemberian makanan pendamping ASI. Ibu bisa mulai memberikan jenis makanan lanjutan berupa roti, nasi, daging ayam, daging sapi atau telur rebus pada si kecil. Pastikan semua direbus hingga teksturnya lunak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.